4 Hal Keamanan Website Yang Penting Untuk Diperhatikan

Website Anda sering down? Pernah mengalami dihack?

Atau yang paling sering adalah email Anda di spam?

Problem seperti ini bisa kami kategorikan problem kacang goreng, beberapa klien, sering sekali menceritakan pengalaman-pengalaman tidak menyenangkan terkait dengan keamanan website.

Pasti terganggu bukan? Oleh karena itu, post ini akan membahas secara khusus seputar keamanan website. Ada beberapa point yang akan Anda dapatkan di artikel ini seperti:

  1. Mengapa perlu meningkatkan keamanan website?
  2. 3 faktor penting untuk meningkatkan keamanan website.
  3. Apa keuntungan antara protokol HTTP & HTTPS untuk keamanan website?
  4. Bagaimana menghindari spam di website Anda?
  5. Apa pengaruh hosting provider dengan keamanan website?

Oke, kita bahas satu-satu ya.

Mengapa Perlu Meningkatkan Keamanan Website?

Sama seperti tujuan kita memberi pagar di rumah adalah supaya rumah kita aman, tidak ada yang mencuri atau merusak rumah kita.

Sama halnya demikian, mungkin Anda berpikir bahwa website Anda tidak ada data yang penting karena tidak ada data keuangan dan pribadi lainnya.

Anda yakin tidak ada yang bisa dimanfaatkan?

Salah satu klien kami berkonsultasi karena websitenya dihack, hacker ternyata telah lama mengamati data transaksi email keluar dan masuk. Suatu saat, si hacker melihat bahwa perusahaan X mengirimkan invoice atau tagihan ke pelanggannya.

Kemudian si hacker membuat pishing domain dan tagihan yang dikirimkan ke pelanggan perusahaan X, kemudian dimodifikasi sehinga bank penerima bukanlah bank dari perusahaan X, tetapi akun rekening si hacker.

Oke, jadi ternyata banyak yang bisa dimanfaatkan ya?

Jawabannya adalah iya. Selain itu website yang dihack juga akan mempengaruhi kredibilitas website Anda. Bayangkan saja saat ini Anda sedang mencari sebuah partner bisnis / supplier.

Apakah Anda mau bekerjasama dengan perusahaan yang websitenya bisa dihack?

Masih ingat kan salah satu hal yang penting dalam bisnis yang disebut first impression? Pastikan first impression perusahaan Anda professional dan kredibel.

3 Faktor Penting Untuk Meningkatkan Keamanan Website

Kalau begitu apa saja yang mempengaruhi keamanan website?

Ada 4 faktor penting sebagai berikut:

  1. Hosting provider adalah perusahaan penyedia layanan web hosting. Apa itu web hosting, Anda bisa menemukan jawabannya disini.
  2. Protokol website ada 2 yaitu HTTP & HTTPS, akan kami jelaskan di bawah.
  3. Platform website yaitu bahasa pemrograman, library atau framework yang digunakan untuk membuat website. Untuk memudahkan memahami, platform website dapat Anda bayangkan seperti ketika Anda membangun sebuah rumah, bahan / material apa yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah tersebut.

Di artikel ini akan kita bahas satu per satu setiap topik juga.

Oleh karena itu pastikan baca sampai habis ya.

Tips:

Anda bisa tekan Ctrl+D / Cmd+D untuk mem-bookmark halaman ini di browser Anda.

Protokol HTTP & HTTPS Untuk Keamanan Website

Untuk memudahkan Anda memahami protokol HTTP & HTTPS, kami akan membuat cerita pendek ya.

Agar lebih seru dan menarik juga ketika Anda memahami artikel kami.

Anggap saat ini tidak ada teknologi email dan telepon, jadi satu-satunya alat komunikasi yang dapat Anda gunakan adalah surat.

Bayangkan ketika Anda mengirim surat jika Anda hanya memberikan secarik kertas maka akan sangat mudah di baca oleh orang yang tidak bertanggung jawab bukan?

Berbeda cerita jika Anda mengirim surat tersebut dalam sebuah amplop dengan stempel perusahaan yang resmi. Selain itu isi dari surat tersebut juga Anda enkripsi, sehingga hanya penerima Anda yang dapat menerima kemudian membaca isi surat tersebut.

Lebih aman bukan?

Mirip dengan pengertian diatas, protokol HTTPS membuat pengiriman dan penerimaan data kita di internet lebih aman karena telah di enkripsi.

Sehingga ketika Anda mengisi sebuah form, data-data seperti nama, email, no telp tidak dapat dilihat oleh hacker.

Bagaimana membedakan HTTP dengan HTTPS?

Bagaimana membedakan http & https

Dengan teknologi browser yang saat ini berkembang, sudah sangat mudah sekali melihat apakah situs tersebut aman atau tidak.

Anda dapat melihat dengan label secure & awalan url pada browser Anda apakah HTTPS atau tidak.

Lalu bagaimana hubungannya dengan meningkatkan keamanan website saya?

Setelah Anda mengetahui perbedaan HTTP & HTTPS, sebagai pengguna internet Anda pasti hanya ingin melihat website yang memastikan bahwa data-data Anda aman bukan?

Oleh karena itu, prinsip yang sama harus Anda terapkan di website Anda.

Perlu diketahui, bahwa kedepannya Google akan memberikan warning kepada pengunjung website Anda jika website Anda tidak HTTPS.

Bagaimana Menghindari Dari Spam di Website Anda?

Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan oleh beberapa klien kami, dan masalah ini adalah masalah keamanan yang cukup banyak dirasakan.

Jadi bagaimana tips untuk menghindari dari spam? Oke, kami bahas satu per satu ya.

  1. Gunakan Google Recaptcha salah satu penyebab spam website adalah contact form di website Anda. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut pastikan di contact form Anda gunakan Google Recaptcha untuk menghindari bot / robot spam.
  2. Gunakan plugin keamanan seperti Wordfence atau Akismet jika platform yang Anda gunakan adalah wordpress, ada baiknya Anda menggunakan salah satu dari plugin diatas. Karena wordpress memiliki fitur komentar di artikel atau blog Anda yang berupa contact form, hal ini yang membuat banyak robot menargetkan kolom komentar ini untuk di spam.

Feel calm right now?

Bagaimana Pengaruh Hosting Provider Dengan Keamanan Website?

Mengapa hosting provider sangat berpengaruh?

Jika website biasanya kami analogikan dengan rumah / ruko yang Anda gunakan untuk bisnis, sedangkan platform / bahasa pemrograman kami analogikan dengan bahan / material yang digunakan untuk membangun rumah / ruko Anda, maka kalau kami analogikan hosting provider adalah lahan atau tanah yang diatasnya Anda akan mendirikan bangunan.

Sama halnya ketika membuat sebuah property banyak sekali faktor untuk yang dapat membuat property atau bangunan itu sukses bukan?

Salah satunya adalah tanah yang dibangun.

Hosting provider adalah tempat dimana hardware Anda tersimpan. Banyak sekali yang harus diperhatikan ketika membuat server atau hosting provider Anda dapat melihat disini.

Lalu apakah semuanya harus Anda tanyakan kepada hosting provider?

Menurut kami tergantung dengan kebutuhan, kalau tujuan Anda hanya website company profile maka tidak perlu terlalu repot dengan standard tersebut.

Akan tetapi, jika Anda bertujuan untuk membuat dedicated server untuk bisnis Anda maka kami sarankan Anda harus cukup detail menanyakan mulai dari prosedur cooling, cabling, dll.

Kami tidak akan membahas terlalu detail mengenai ini, karena sudah jelas bukan termasuk ekspertise kami.

Tips dari kami untuk Anda yang mencari hosting provider untuk company profile atau e-commerce adalah sebagai berikut:

  1. Apakah menyediakan backup service, salah satu layanan yang sangat krusial karena Anda tidak akan tau jika ada terjadi disk failure atau yang lainnya, yang dapat menyebabkan website Anda down. Oleh karena itu pastikan hosting provider Anda menyediakan backup service mulai dari platform website dan database.
  2. Lokasi data center, jika customer base Anda di Indonesia, tentunya lebih baik Anda memilih hosting provider yang berlokasi di Indonesia / Singapore. Jika terlalu jauh, maka akan ada potensi loading website Anda lambat.

Memiliki website yang sukses dan tepat guna memang tidaklah  mudah. Website yang bagus tidak hanya secara tampilan bagus, akan tetapi secara keamanan juga harus bagus.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengerti bagaimana meningkatkan keamanan website Anda.

Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk meninggalkan komentar ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.