4 Cara Promosi Online Ini Akan Membuat Omset Bisnis Naik 3x Lipat

Anda sudah memulai bisnis online tapi omset tetap segitu-segitu saja?

Sudah mencoba hal ini dan itu tetapi tetap saja hasilnya sama dan cenderung tidak berkembang.

Kami sadar bahwa mempromosikan bisnis online memang menjadi tantangan tersendiri.

Sebagian orang berpikir ribet, tidak ada waktu, atau mungkin ada beberapa dari Anda merasa gaptek?

Oke, apapun itu alasannya saat ini kita akan bahas secara khusus tips bagaimana mempromosikan dan memasarkan bisnis online Anda.

Apa saja yang akan Anda dapatkan dari artikel ini?

  1. Memahami konten, brand & bisnis.
  2. Membuat jadwal posting yang konsisten
  3. Membuat konten yang menarik.
  4. Tips mencari & menggunakan hashtag di Instagram.

Memahami konten, brand & bisnis untuk promosi online

Sebelum memulai pemasaran online pastikan Anda sudah mengenali 3 hal yang kami sebutkan diatas yaitu: konten, brand & bisnis.

Beberapa perusahaan gagal untuk memasarkan atau mempromosikan bisnisnya di dunia online karena tidak memahami 3 hal ini dan keterkaitannya.

Contoh perusahaan Anda bergerak di bidang produksi makanan kesehatan yang bersifat vitamin atau supplemen.

Seperti yang kita ketahui vitamin / supplemen berbeda fungsinya dengan obat. Oleh karena itu jika Anda menjual vitamin / supplemen hindari penggunaan kata obat atau istilah lain yang bersifat solusi kesehatan yang bisa menyembuhkan.

Mengapa demikian?

Salah satu prinsip pemasaran adalah kepercayaan pelanggan.

Jika kita memberikan produk yang manfaatnya tidak sesuai dengan konten marketing kita, maka pelanggan tidak akan merasakan benefit produk secara keseluruhan.

Lalu bagaimana tips menyelaraskan konten, brand & bisnis kita?

Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa konten yang Anda buat sudah selaras dengan brand & bisnis Anda

  1. Buat segmen pelanggan yang jelas. Mulai dari lokasi, profil pelanggan (umur, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, dll)
  2. Buat brand guideline yang bagus, mulai dari design, warna, nilai-nilai perusahaan, visi, misi, dll. Yang menyangkut pada arah bisnis / brand Anda.
  3. Buat panggilan pelanggan, slogan yang kreatif dan mudah diingat. Gunakan panggilan pelanggan & slogan tersebut dalam setiap konten Anda sehingga orang menjadi lebih mudah mengingat bisnis Anda dan slogannya. Contoh:
    • Yamaha – Selalu Terdepan.
    • RCTI Oke.
    • Trans TV Milik Kita Bersama.
    • Teh Botol Sosro – Apapun makanananya minumnya teh botol sosro.
  4. Konsisten untuk melakukan pengecekan untuk setiap ide konten dengan segmen & konsep brand yang sudah Anda buat.

Dari tips diatas kemudian buatlah guideline untuk membantu designer / penulis / tim marketing Anda arah marketing yang jelas. Sehingga dalam implementasi pembuatan konten lebih matang.

Membuat jadwal posting yang konsisten

Tips promosi online yang kedua adalah jadwal posting.

Harus kah Anda membuat jadwal posting yang konsisten?

Pemasaran online sama prinsipnya dengan pemasaran offline. Oleh karena itu konsistensi adalah kunci sukses promosi Anda.

Terbukti dari sebuah survey mengatakan bahwa consumers berharap brand lebih aktif tidak hanya di satu platform tetapi tiga platform.

Nah lo, yang satu platform aja tapi masih angin-anginan ayo mulai dibenahi ya.

Bagaimana kemudian tips membuat jadwal konten yang konsisten?

  1. Brainstorm keyword / topik yang ingin Anda bahas. Selain google search engine, coba gunakan google trend untuk membandingkan topik-topik mana yang lebih banyak pencarinya. Semakin banyak pencari berarti semakin banyak pula calon pembaca Anda.
  2. Masukkan konten yang relevan jangan spam. Saat ini baik pemasaran search engine maupun sosial media telah merubah algoritma mereka. Mereka hanya menampilkan konten-konten yang relevan, terlengkap & diminati oleh user mereka.
  3. Buat jadwal yang konsisten. Konsisten bukan berarti setiap hari, jika Anda membutuhkan waktu 1 minggu untuk update konten Anda maka update-lah per minggu. Jika Anda merasa bisa memberikan konten yang relevan, lengkap & diminati dalam 2 hari maka kenapa harus menunggu?

Dengan konsisten memperbarui konten yang Anda buat, pelanggan akan melihat bahwa bisnis Anda aktif. Selain itu, memberikan informasi yang bagus akan membuat pelanggan Anda lebih percaya terhadap bisnis Anda.

Dampaknya apa?

Mereka mungkin bisa mereferensikan bisnis Anda ke kerabat-kerabatnya lho.

Semakin tinggi rasa percaya pelanggan terhadap bisnis Anda semakin tinggi pula loyalitas pelanggan Anda terhadap bisnis Anda.

Customer satisfaction is worthless.

Customer loyalties is priceless. – Jeffrey Gitomer

Membuat Konten Yang Menarik

Kalau kita search di google “tips marketing” banyak selalu dibilang tips ini.

Kenapa demikian? Simak terus ya.

Ya, memang karena itulah kuncinya. Anda tidak perlu bingung algoritma google yang berubah tiap waktu, atau algoritma facebook yang berubah juga jika konten Anda menarik.

Tapi apa sih yang membuat konten menarik? Apa saja parameternya? Bagian ini yang sering kali tidak dijelaskan di artikel lainnya dan tips ini kami buat dari pengalaman kami menghandle beberapa klien.

Oke, kita bahas langsung ya.

Tips membuat konten yang menarik pertama adalah informasi dari konten Anda harus lengkap.

Kenapa harus lengkap?

Analoginya sederhana sekali. Ketika Anda membeli produk makanan atau obat, Anda akan memilih obat A yang tidak menjelaskan bahan yang digunakan, cara penggunaan dan efek sampingnya atau Anda memilih obat B yang menjelaskan lengkap?

Secara alami kita pasti memilih produk / konten yang memberikan informasi dengan lengkap. Lengkap tidak harus panjang dan bertele-tele. Orang akan bosan dengan konten yang sengaja diperpanjang hanya untuk ranking di Google.

Oleh karena itu buatlan konten yang lengkap tetapi tetap padat tidak bertele-tele.

Tips kedua supaya konten Anda menarik adalah gunakan media gambar, video dan suara untuk membuat konten Anda lebih catchy. Hal ini sudah terbukti lho, Google akan meranking website lebih tinggi jika konten tersebut memiliki video. Tertarik untuk membuat?

Tips ketiga adalah libatkan pelanggan Anda dalam pembuatan konten.

Kehabisan ide untuk membuat konten? Coba sesekali untuk menanyakan pelanggan Anda apa yang mereka inginkan untuk Anda bahas dalam website atau sosial media Anda. Selain membantu memikirkan ide untuk konten yang Anda buat, alasan lain adalah pelanggan Anda jadi lebih dekat dengan bisnis Anda. Konten Anda pun pasti dibaca dan dinikmati karena itu adalah kebutuhan mereka.

Tips keempat, manfaatkan user generated content. Kenapa harus membuat konten sendiri jika pelanggan Anda sudah membuatkannya untuk Anda.

Bagi orang Surabaya, Anda pasti tau kan Radio Suara Surabaya? Apakah semua konten yang dipost di Facebook / sosial media mereka adalah foto dari wartawan internal mereka?

Jawabannya adalah tidak. Mereka memanfaatkan konten dari user / pengguna mereka. Selain efisiensi pekerjaan, User generated content juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas audience Anda.

Sudah siap membuat konten yang luar biasa buat bisnis Anda?

Jangan keluar dulu, selanjut kita akan bahas tips menggunakan hashtag di Instagram untuk mempromosikan bisnis Anda.

Content build relationships.

Relationships build trust.

Trust drives revenue. – Andrew Darvis

Tips menggunakan hashtag di Instagram

Penggunaan hashtag sudah sangat awam digunakan di media sosial Instagram. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan engagement kita di Instagram.

Ya udah kalau begitu kita masukkan sebanyak mungkin hashtag saja?

Ingat dalam dunia sosial media engagement yang tinggi bukan menjadi tolak ukur utama penjualan Anda berkembang.

Coba Anda hitung lebih baik mana konten Anda dilihat 10 ribu orang tetapi yang beli hanya 1 atau dilihat 10 orang saja tapi yang beli 10?

Promosi di sosial media bukan tentang siapa yang lebih banyak memiliki followers / engagement, tetapi masalah mendapatkan follower yang sesuai dengan target market kita.

Oleh karena itu disini kami share beberapa tips mencari dan menggunakan hashtag di Instagram.

  1. Jangan spam hashtag, masukkan hashtag yang relevan saja.
  2. Carilah hashtag yang digunakan oleh kompetitor Anda, atau Anda bisa mencari hashtag yang digunakan oleh brand / akun lain yang berhubungan dengan akun Anda. Contoh: jika Anda produk makanan, maka carilah hashtag yang banyak digunakan oleh food blogger / reviewer.
  3. Gunakan maksimal 15 hashtag saja.
  4. Untuk branding terkadang Anda sangat diperbolehkan untuk membuat hashtag Anda sendiri.
  5. Bagi penggunaan hashtag menjadi kategori-kategori khusus. Contoh: portfolio maka gunakan hashtag #fortihappyclients, untuk basic post gunakan hashtag #techforbusiness dll. Tidak perlu semua Anda gunakan.

Nah, itu tadi 4 cara promosi online yang bisa Anda lakukan. Saat ini kami sedang mempersiapkan tambahan 4 tips lagi. Mau updatenya? Jangan lupa untuk submit email Anda di bawah atau panel di sebelah kanan untuk mendapatkan update terbarunya ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.